Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9 Buah Pantangan Ibu Hamil



Buah Pantangan Ibu Hamil

Ada berbagai jenis buah yang tidak boleh dikonsumsi karena dianggap membahayakan bagi ibu hamil. Buah tersebut adalah sebagai berikut ini :

1. Durian

Dalam dunia medis, memang durian tidak dianjurkan untuk dimakan bagi ibu hamil. Durian banyak mengandung alkohol. Jika terlalu banyak alkohol yang masuk ke dalam tubuh ibu hamil, akibatnya perut menjadi panas. Akibatnya janin akan mengalami keguguran.

2. Nangka

Nangka merupakan buah yang memiliki bau harum dan berwarna menggoda. Namun siapa sangka jika dibalik kelezatan dan keharumannya nanas mengandung alkohol yang tinggi. Sama halnya dengan durian, jika dikonsumsi berlebihan. Jumlah alkohol yang masuk ke dalam perut bisa menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran.

3. Nanas

Rasa asam dari nanas mungkin membuat ibu hamil muda ingin merasakan cita rasa dari buah satu ini. Namun medis mengatakan bahwa makan nanas saat hamil tidak diperbolehkan, apalagi nanas muda. Berikut ini penyebab nanas tidak boleh dikonsumsi :
  • Nanas mengandung zat bernama bromelain. Zat ini membuat leher rahim menjadi lunak sehingga tidak bisa menampung janin yang semakin lama tumbuh semakin besar. Akibatnya ibu hamil akan mengalami keguguran karena leher rahim lunak.
  • Nanas mengandung alkohol yang menyebabkan rasa panas di perut.
  • Nanas memiliki rasa gatal, jika ibu hamil mengkonsumsinya membuat perut ibu hamil terasa gatal-gatal.

4. Pepaya Muda

Pepaya boleh dikonsumsi oleh ibu hamil karena melancarkan pencernaan. Yang tidak boleh dikonsumsi adalah pepaya yang mentah dan juga pepaya setengah matang. Ibu hamil tidak boleh makan sayur pepaya. Penyebabnya adalah :
  • Getah pada pepaya muda membuat ibu hamil akan mengalami kontraksi sehingga bayi akan lahir prematur.
  • Getah pepaya membuat rasa gatal pada ibu hamil dan juga janin.
  • Getah pepaya membuat plasenta menjadi lengket seperti sayur nangka.
5. Buah Yang Dikalengkan

Selain buah yang dikalengkan kondisinya tidak segar, buah tersebut mengandung banyak pengawet buatan.

6. Buah Yang Tidak Dicuci

Kita tahu bahwa dalam perkebunan, banyak petani yang menggunakan pestisida untuk membasi hama. Jika buah tidak dicuci, selain mengandung kuman dan bakteri, pestisida yang menempel pada buah akan ikut termakan. Jika itu terjadi, akan sangat berbahaya bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya.

7. Anggur

Siapa yang tidak suka anggur, rasanya yang manis dan segar membuat siapapun suka dengan buah ini. Namun bagi ibu hamil, buah ini menjadi pantangan. Alasannya adalah sebagai berikut :
  • Anggur memiliki kandungan gula yang banyak sehingga menyebabkan janin terkena bahaya obesitas bagi ibu hamil.
  • Kandungan gula dalam anggur mudah menjadi fermentasi, fermentasi sangat tidak baik dikonsumsi bagi ibu hamil karena mengandung alkohol.
  • Alkohol pada anggur akan menyebabkan suhu di dalam rahim meningkat secara tajam, akibatnya perut menjadi panas dan janin tidak bisa bertahan.

8. Cempedak

Cempedak memiliki bentuk seperti nangka. Buah ini sekarang menjadi buah langka. Sebaiknya ibu hamil jangan mengkonsumsi buah ini karena bisa menyebabkan kontraksi dini.

9. Buah Kepel

Buah kepel ini bentuk luarnya seperti sawo dan kiwi. Buah ini memiliki bau harum dan tekstur buah yang lembut. Rasanya juga manis. Bagi ibu yang sedang hamil tidak boleh mengkonsumsi buah tersebut dikarenakan akan menyebabkan keputihan berlebih. Ibu hamil akan mengalami keputihan, oleh sebab itu jangan memperburuk kondisi dengan memakan buah kepel agar keputihannya tidak berlebihan.

Post a Comment for "9 Buah Pantangan Ibu Hamil"